Hasil Ujian Nasional Membuat Semua Menangis


Sebanyak 46 % siswa SMA Negri I Maumere atau 144 siswa di nyatakan lulus dari total 313 siswa yang ikut ambil bagian pada Ujian Nasional Tingkat SMA pada tahun ajaran 2010 ini. Sisanya sekitar 169 siswa dinyatakan tidak lulus, demikian disampaikan Kepala Sekolah SMA Negri Satu Maumere Drs. Romanus Api pada pengumuman hasil UN tahun 2010 ini di Aula SMAN 1 Maumere Senin 26 April 2010. Hasil kelulusan ini turun sekitar 50 persen dari presentase kelulusan tahun lalu yang mencapai 93 persen.

Pengumuman hasil UN ini dihadiri oleh orang tua siswa dan siswa SMAN 1 Maumere yang telah menanti sejak jam 09.00 pagi. Dari hasil pemantauan maumere OnLine di lokasi saat pengumuman tampak banyak siswa, orang tua kecewa dan sedih setelah membuka amplop hasil ujian yang di bagikan oleh guru, namun diantaranya juga banyak yang bersorak gembira karena lulus UN.

Suasana sedih dan haru begitu terasa, para murid saling berangkul dan saling menghibur teman-teman mereka yang tidak lulus. Sementara orang tua mengatakan mereka pasrah dengan hasil ini, tampak juga ekspresi kecewa yang tidak bisa disembuyikan orang tua setelah membuka amplop hasil UN anaknya.

Sementara itu dari salah seorang Guru SMAN 1 Maumere, Pet da Cunha, menginformasi bahwa bagi siswa yang tidak lulus dapa mengikuti ujian ulang yang rencananya diadakan pada tanggal 10 Mei mendatang. Untuk itu diharapkan bagi siswa yang tidak lulus tetap menyiapkan diri sebaik mungkin karena bentuk ujian susulan ini tetap seperti metode Ujian Nasional.

Beberapa hasil UN tingkat SMA yang dapat diinformasikan antara lain SMA Frater Maumere dari total 127 siswa yang ikut UN 47,24 % (60 siswa) dinyatakan lulus sedangkan 67 siswa lainya tidak lulus. SMAN 2 Maumere dari total 184 siswa yang ikut UN hanya 11,96% yang lulus atau 22 orang saja. Secara keseluruhan hasil UN untuk tingkat SMA se kabupaten Sikka total peserta 1.780 yang dinyatakan lulus 324 siswa (18,20%) sementara yang tidak lulus mencapai 1.456 siswa. Untuk SMK se kabupaten Sikka dengan jumlah 11 sekolah, total peserta 1.226 yang lulus 588 siswa tidak lulus 683 siswa.

Aparat Keaman Siap
Selama proses berlangsungnya penggumuman hasil UN yang dilakukan serentak mendapat penjagaan langsung dari pihak Kepolisian Resort Sikka. Sejumlah anggota polisi sejak pagi telah di siagakan di setiap sekolah yang melaksanakan pengumuman hasil UN ini. Penjagaan ini sebagai wujud antisipasi akan terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan, namun hingga sore tidak terjadi sesuatu yang luar biasa di kota Maumere. Hanya tampak sekelompok siswa berpawai keliling kota Maumere dengan seragam sekolah yang telah di warna-warnai. Secara umum kondisi kota Maumere cukup kondusif menyambut hasil UN tahun ajaran 2009-2010 ini.topan 

Momen Penuh Tangisan!!

20 komentar:

  1. semangat yaa maumere..!!!!

    BalasHapus
  2. Jangan menyerah maumere...jangan patah semangat...pahit memang, tp harus dihadapi...hidup harus terus berjalan...jika kesempatan pertama gagal...masih ada kesempatan2 berikutnya..jadikanlah cambuk untuk lbih baik lagi...hapus air matamu sahabat2ku...apakah ini 'korban' kebijakan Negara, perlu didiskusikan kembali di tingkat Nasional...keputusan MK nampaknya hrs menjadi rujukan utama untuk langkah2 kebijakan bidang pendidikan nasional selanjutnya...TETAP SEMANGAT!!!!

    BalasHapus
  3. hmm.....smngatttt2...................jgn larut dlm kesedihan.....slamat bjuang lagi di tgl 10 mei,,smoga tidak mengecewakan........amin...

    BalasHapus
  4. SEMANGAT MAUMERE MANISE......

    BalasHapus
  5. Damar Dwiyadi Pratama28 April 2010 pukul 03.39

    Buat teman-teman di Maumere, jangan berkecil hati, tetap semangat! http://artikelmenarik.wordpress.com

    BalasHapus
  6. J6n Mnyerahhh..................j6n Mnyerrrahhhhhhhhhh..................

    BalasHapus
  7. jangan patah semangat...persiapkan diri sebaik2nya untuk ujian tgl 10 nnti.

    sedikit saran : coba bagi tugas masing2anak mengingat satu soal untuk masing2 mata pelajaran, biar bisa di buat bank soal untuk adek2 selanjutnya bisa mempelajari soal2,sehingga mereka bisa mempunyai gambaran seperti apa soal2 yg pernah keluar di UN nnti, agar tidak terulang lg hal yg sama...

    BalasHapus
  8. menangislah sekuat tenaga anakku agar muncul energi untuk membangun negeri, kegagalan memang menyakitkan, tapi lebih menyakitkan apabila negeri ini runtuh karena akibat ulah orang-orang yang serakah.

    BalasHapus
  9. jangan malu dan jangan takut gagal, karena kegagalanmulah yang akan mengantarmu pada kejayaan.

    BalasHapus
  10. jgn menyerah ade2Q. tetap semangat na...

    BalasHapus
  11. Jangan sampai ada rekayasa pemeberian stigma bodoh kepada generasi muda kita melalui UAN. Karena itu sebaiknya ke depan dibuat mekanisme sistem kros-cek hasil pemeriksaan pekerjaan UAN adik2 generasi muda kita, mulai dari aspek formal-teknis hingga materil-isi pekerjaan mereka. Dengan itu kita dapat membuktikan secara fair bahwa benar2 generasi muda kita tidak lulus. Siapa yg tdk tahu kalau Indonesia ini sarat dengan kecurangan?!

    BalasHapus
  12. ah kalo ide itu setuju..betul pengelola negara ini memang tidak bisa dipercaya..jagonya rekayasa..

    BalasHapus
  13. PEMDA SIKKA..
    HANCURRR..
    PARRAAHHH...
    KASIAAANN..
    MENGORBANKAN ORG LAIN DEMI AMBISI POLITIK TOLOL DAN EMOSI KONYOL..
    SUDAH TAU SALAH BARU MULAI CARI KAMBING HITAM..
    TIDA PIKIR DRINYA SUDAH HITAM PEKAT LUAR DALAM..

    KAMU YG BACA TULISAN INI TIDAK USAH KAGET ATAU PURA2 BINGUNG...!!
    KECUALI KAMU JUGA MUNAFIK DAN PENGECUT.!!!
    KALAU KAU MENGAKU ORANG SIKKA, SEHARUSNYA KAU MENANGIS KARENA MALU DENGAN SEPAK TERJANG ORANG2 PENGAMBIL KEBIJAKAN DI PEMDA SIKKA INI.

    UNTUK BUPATI.. MANAA VISI MISI-MU SAAT KAMPANYE...??
    SUDAH SEKIAN LAMA URUSANNYA MASIH MUTASI SAJA..
    AMBIL KEPUTUSANPUN 99% SALAH MELULU.
    HASILNYA ORANGLAIN YANG SENGSARA.

    SAMPAI KAPAN SPERTI INI??
    KNAPA TIDAK ADA YANG BERANI BICARA APA ADANYA??
    PNS ...??? KASIAN...
    KASIAN SIKKA DI TAHUN2 MENDATANG..
    KASIAN ANAK CUCU YANG MEWARISI BUAH KARYA KEBODOHAN MASA SEKARANG..
    KASIAN NIAN SIKKA.. APA LAGI YANG MAU DIBANGGAKAN??
    ELE NO SISA BA'A..
    GELANG GELOK SIPATU NELAR..

    KASIAAANNN...

    BalasHapus
  14. thx atas komentarnya, kami mohon maaf ada beberapa bagian yg hrs di edit tanpa menggurangi maksud dari komentarnya. ...hati boleh panas tapi kepala harus dinggin...epan gawan!!

    BalasHapus
  15. Aduh,,kasihan SMANDU ..pResentase kelulusan makin menurun,,
    Buat Adek-adek ayo semangat lagi..jangan Menyerah,,,

    Nitip link ya..(http://ahmilanakwajo.blogspot.com)
    (http://ahmiltelkom.blogspot.com)

    BalasHapus
  16. buat ade2 yang gagal, jangan putus asa yaw???
    kegagalan adalah suskses yang tertunda,,,.....

    BalasHapus
  17. Ayo bangkit Maumere Q tercinta,, hadapilah sgla perubhan zaman.
    yakinlah KITA PASTI BISA..... Chayooooooooo Moff

    BalasHapus
  18. Ayo bangkit Maumere Q tercinta,, mari kita bersama-sama menghadapi sgla perubhan zaman.
    Yakinlah KITA PASTI BISA..... Chayooooooooo Moff

    BalasHapus
  19. pricillia aprilliani31 Mei 2010 pukul 22.38

    ko smanzha taon ini presentase klulusan'a turun???????? smoga taon dpan 100%... maju trus SMANZHA MOF.....

    BalasHapus