SENSUS PENDUDUK 2010



Perencanaan pembangunan nasional membutuhkan data dasar kependudukan dan perumahan yang lengkap dan terkini, sensus penduduk adalah salah satu sumber utama data dasar yang dimaksud. Sensus penduduk atau cacah jiwa pada dasarnya merupakan kegiatan penghitungan jumlah penduduk di seluruh atau sebagian teritorial suatu Negara dan mengumpulkan karakteristik pokok semua penduduk, rumah tangga, dan bangunan tempat tinggal.


Demikian disampaikan Ir. Paulus Puru Bebe Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sikka dalam Acara Kegiatan Pelatihan Petugas Koordinator Tim dan Pencacah Lapangan pada Jumad (09/04/10) di Aula Hotel Benggoan 3 Maumere. Dalam laporan panitia mengatakan tujuan utama dilaksanakan sensus penduduk 2010 adalah menghitung jumlah penduduk serta mengumpulkan informasi dasar kependudukan dan perumahan masyarakat Indonesia.

Dikatakannya Manfaat dari sensus penduduk 2010 adalah memperoleh informasi dasar kependudukan dan perumahan yang diperlukan untuk bahan evaluasi pembangunan serta untuk menyusun perencanaan pembangunan kependudukan, sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia dimasa mendatang. Lebih lanjut Paulus menambahkan cakupan SP2010 adalah semua penduduk yang tinggal di seluruh wilayah territorial Indonesia baik warga Negara Indonesia (WNI) maupun warga Negara asing (WNA) baik yang bertempat tinggal tetap maupun yang bertempat tinggal tidak tetap termasuk anggota korps diplomatic Indonesia di luar negeri beserta anggota rumah tangganya.

Pelaksanaan SP2010 akan dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 31 Mei 2010 dan petugas akan mendatangi setiap tempat tinggal penduduk untuk melakukan pendataan juga petugas akan menempelkan stiker SP2010 pada bangunan tempat tinggal sebagai tanda bahwa data tempat tinggal dan penghuninya telah dikumpulkan. Khusus bagi anggota masyarakat yang bertempat tinggal tidak tetap akan didata pada malam hari sensus yaitu tanggal 15 Mei 2010.
Sensus penduduk di Indonesia telah 5 kali dilakukan yaitu tahun 1996, 1971, 1980, 1990,2000. Sensus penduduk tahun 2010 (SP2010) yang akan datang merupakan Sensus Penduduk yang keenam sejak Indonesia merdeka.(jonathan)

2 komentar:

  1. Sensus dapat bermanfaat juga untuk mencegah terorisme.

    BalasHapus
  2. minta tolong,,Mau cari warga Maumere,NTT yang bernama Reni Anggraeni..
    ada ndak y??

    BalasHapus