Pasien RSUD TC. Hillers Maumere Melebihi kapasitas


Maumere_ Kondisi Rumah Sakit Umum Daerah TC. Hillers Maumere saat ini sedang mengalami kekurangan tempat tidur serta tenaga medis untuk melayani meningkatnya jumlah pasien rawat inap. Dalam beberapa pekan ini jumlah pasien rawat nginap terus bertambah, sehingga kapasitas tempat tidur dan ruangan berkurang mengakibatkan pasien harus rela berbagi tempat tidur dengan pasien lain, khususnya pasien anak-anak. Rumah sakit tipe C ini hanya memiliki tempat tidur sebanyak 196 unit, sementara jumlah pasien yang sedang dirawat sebanyak 214 orang. Sehingga pihak rumah sakit masih membutuhkan tambahan sekitar 18 unit tempat tidur. Menghadapi masalah ini, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dan manajemen RSUD T.C. Hillers Maumere berencana untuk menambah ruangan dan tempat tidur.

Menurut Kepala Tata Usaha RSUD dr. T.C. Hillers Maumere, Dedy Benyamin, saat di temui Maumere OnLine Sabtu 13/02/2010, mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah ini pemerintah melalui Dinas Kesehatan dan Manajemen RSUD dr. T.C. Hillers maumere berupaya menambah tempat tidur dan fasilita lain serta berencana akan menggunakan ruangan aula dan ruangan lain yang ada di lingkungan rumah sakit untuk digunakan sebagai kamar perawatan tambahan.
Sementara untuk kekurangan tenaga medis, sebanyak 83 orang tenaga perawat kesehatan yang lulus seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kabupaten Sikka Tahun Anggaran 2009 akan diperbantukan sementara di RSUD TC Hillers Maumere guna ikut membantu menangani pasien rawat nginap. Demikian dikatakan Wakil Bupati Sikka Wera Damianus saat bertatap muka dengan para perawat lulus seleksi CPNSD 2009 di Aula Dinas Kesehatan, Sabtu (13/02).

Dijelaskan Damianus bahwa saat ini pihak rumah sakit sedang melayani 214 pasien. Masalah yang dihadapi adalah pihak rumah sakit masih kekurangan tenaga kesehatan dan perawat. Untuk itu para perawat yang lulus seleksi untuk sementara akan ditempatkan di RSUD dr. T.C. Hillers Maumere.
Selain tenaga perawat kesehatan yang lulus tes CPNSD, RSUD juga akan di bantu oleh empat dokter PTT, empat tenaga kesehatan propinsi, dan sejumlah mahasiswa Diploma Tiga Keperawatan Universitas Nusa Nipa. (johnoriwis)

12 komentar:

  1. Saya dukung kemajuan atas kerja sama pemerintah setempat dengan pihak rumah sakit..
    Tetap semangat untuk para perawat baru, serta para dokter PTT. Tuhan memberkati

    BalasHapus
  2. saya ada pertanyaan,,,wabah penyakit apa yang sedang terjadi di maumere sampai rsud t.c hillers kekurangan ruangan???
    tapi smoga kota maumere smakin maju....dan smoga bibit2 baru akan mamajukan kopta maumere lewat menjadi tenaga2 penting di rumah sakit ini....terimakasih....

    BalasHapus
  3. sekarang lagi wabah demam berdarah di kab. sikka, lonjakkan pasien terutama pasien anak dengan DHF meningkat 1 bulan ini. Ruang anak hanya memiliki bed 37 sedangkan pasien anak dalam sebulan ini jumlah per hari yang rawat inap berkisar 50-100 pasien.
    masyarakat harus juga berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan 3M. Perangi DB sekarang juga!

    BalasHapus
  4. makasih ibu yani atas penjelasannya untuk pertanyaan Novlina. Buat Novlina Thx sudah berpartisipasi....

    BalasHapus
  5. Setiap langkah strategis yang ditempuh oleh manajemen RSUD maupun oleh Pemkab Sikka mesti didukung oleh semua pihak. Saya dukung sepenuhnya langkah2 tersebut. Meski demikian peningkatan sarana dan prasaran mesti dibarengi dengan kualitas SDM RSUD itu sendiri. semoga!

    BalasHapus
  6. Apakah sudah teruji kemampuan mereka. jangan - jangan terjadi mall praktek di RSUD TC. Hillers Maumere.

    BalasHapus
  7. Nah elu, ketinggalan info lo. kemane aje lo.

    BalasHapus
  8. gimana caranya meningkatkan kualitas SDM nya?

    BalasHapus
  9. peningkatan kualitas SDM dapat dilakukan dalam banyak cara...pendidikan formal tentu yg utama karna sangat teknis...ada peran yang tak tergantikan ..tenaga medis maupun paramedis...tp di sisi lain, mentalitas dan moralitas adalah paling urgen untk direhabilitasi..krna tanpa itu, setinggi apapun ilmu medisanya....sia2 belaka....

    BalasHapus
  10. Saya setuju dengan pendapat Bp Yanto Kaliwon, jadi untuk meningkatkan kualitas SDM harus ada 3 hal utama yaitu Attitude ( sikap ), Knowledge
    ( pengetahuan ) dan Skill ( Keterampilan ) . Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah Hardwork ( kerja keras ). Semoga.

    BalasHapus
  11. MITRA KARYA UTAMA
    Jakarta
    Menjual Alat-Alat Kesehatan(Alkes)Ranjang Pasien Semua Ukuran -Suction -Nebulizer -Kursi Roda -Alat Gula Darah -Tensi Meter
    Dental Unit Khusus Dokter Gigi siap pake.Dan Lain-Lain.Selengkapnya Dapat Menghubungi: 0812,1846.5577 -0812.8305.3388 -0878.8089.0697
    Kantor
    Tlp;021.8450403
    jalan Angsana pondok Gede Bekasi No.62
    Kode pos ;17431
    Solusi Semua Ada Disini !!!!!!
    ..............NIANALOK GBU...........

    BalasHapus
  12. MITRA KARYA UTAMA
    jakarta
    Menjual Semua Merk Modem Selengkapnya Dapat Menghubungi:
    0812.1846.5577 -0812.8305.3388 -0878.8089.0697.
    Kantor
    Tlp : 021.8450403
    Jalan Angsana Pondok Gede Bekasi No.62
    Kode Pos:17431
    Memberikan Kemudahan untuk mendapatkan wawasan luas melalui
    Jaringan internet.
    ...............NIANALOK GBU,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus